Jumat, 18 Juni 2010

Kerja Praktek di BMKG

Gambar Layar SeisComP3 untuk mengetahui episenter dan kekuatan gempa

Shift pertama di BMKG mulai tanggal 16 Juni 2010 jam 8 pagi sampai jam 2 siang. Hmm.. kelihatannya nda lama. Baru datang sudah ada kejadian gempa yang terdeteksi di Laut Banda. Operator SeisComp3 mulai kelihatan sibuk mengutak-atik gelombang yang tampil dilayar 3. "4,2 skala Richter" lumayan kuat gempanya, untungnya tidak terindikasi Tsunami.

Oh iya, Kami berempat sedang melakukan Kerja Praktek di BMKG Regional IV Makassar, lebih dalam lagi di bagian Geofisika sub bagian Tsunami Early Warning System (TEWS). Di sini ada instrumen komputer dimana kita dapat melihat lokasi stasiun sensor seismisitas, seismogram digital dan penghitung Magnetudo gempa serta lokasi gempa tersebut.


Lanjut, kira-kira jam 10 lewat, layar 1 tempat melihat aktifitas stasiun sensor muncul kedip-kedip merah di berbagai stasiun di peta Indonesia, iya telah terjadi gempa dengan kekuatan yang cukup besar. setelah lebih dua menit, sistem mengeluarkan hasil automatis yang mencatat bahwa gempa terjadi di pulau irian lebih tepatnya di 123 km dekat Biak. Hm... gempa pertama ini berkekuatan 6,4 SR, kata operator di situ "Ini berpotensi Tsunami" karena terjadi di kedalaman yang dangkal kira-kira 10 km dibawah pemukaan tanah. Tak lama kemudian muncul gempa susulan yang tercatat lebih besar dari gempa sebelumnya yaitu 7,2 SR. Wah tampaknya daerah di sana pasti porak-poranda di timpa gempa bumi. Tak lama kemudian, berita di TV pun muncul, iya Metro TV menyiarkan berita tentang gempa tersebut. Kami pun ikut merasa tegang dengan gempa tersebut. sampai saat ini aku belum mendengar berita di TV tentang gempa akibat gempa tersebut (maklum di sekret OMEGA ga ada TV, kodong).

Istrahat tiba, kami berempat ke mushollah, jelas dong untuk menunaikan sholat dzuhur. Setelah sholat, kami kembali ke ruang TEWS, sudah tidak terlihat aktivitas gempa lagi hingga jam 2 siang, shift kami pun berakhir. "waktunya pulang". Slamat siang Pak, Assalamualaikum Pak, kami pulang duluan". bye-bye.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar