Sabtu, 12 Juni 2010

proposalku tidak siap

Seperti pada umumnya mahasiswa yang ingin menyelesaikan studinya di perguruan tinggi mana pun, tak terkecuali aku yang harus membuat tugas akhir sebagai syarat gelar kesarjanaan bisa ku raih. Tahun ini (2010) aku berencana untuk bisa sarjana di bidang ilmu geofisika, ya itulah bidang yang aku geluti terutama pada bagian Sistem Informasi Geografis (SIG). Aku mencoba mengombinasikan bidang oseanologi dan SIG kedalam sebuah judul yang berkaitan dengan kerentanan lingkungan. Aku terinspirasi dari sebuah tesis yang tak sengaja ku dapat di om Google.
Aku pun memulai pekerjaan yang pertama kali aku anggap ringan dan mudah. Berbagai referensi pun ku pelajari dan begitu banyak yang membuat ku bingung, alhasil terciptalah sebuah proposal penelitian (proposal skripsi)
yang akan aku lakukan. Selanjutnya aku pun mencari dosen yang memang berkompeten di bidang oseanologi dan SIG. Aku bertemu dengan seorang Doktor dalam bidang Oseanologi dan seorang Master dalam bidang SIG. Aku mulai konsultasi dengan beliau mengenai apa yang akan aku kerjakan ini. Mereka meresponnya dengan berbagai tanggapan, ada yang memberikan semangat dan ada pula yang menjatuhkan semangatku.
Setelah berbagai pertemuan dan konsultasi, akhirnya tibalah saat untuk menyajikan presentasi di depan dosen-dosen penguji yang siap dengan berbagai pertanyaan (Seminar Proposal). Mulanya aku menjawab pertanyaan mereka dengan begitu mudah hingga muncul pertanyaan-pertanyaan yang membuatku berpikir tentang kekurangsiapan ku dalam seminar ini. Hampir-hampir aku merasa proposal ini tidak berguna dan memiliki banyak kerancuan, dan memang banyak, malah banyak sekali. Berbagai pertanyaan dan sanggahan mengguyurku dengan derasnya, seakan tubuh tak sanggup berdiri. Ya itulah aku yang penuh dengan ketidak percayaan diri pada saat itu. Namun, sebelum seminar itu berakhir, pernyataan yang memberi semangat pun datang dan menyegarkan jiwa ku kembali.
huh... berakhir sudah seminar ini dengan menghasilkan berbagai pertanyaan dan pernyataan yang perlu untuk diindahkan, kertas pertanyaan penuh dengan keluh kesah para dosen penguji. Inilah yang akan aku lakukan selanjutnya.

Bagi kawan-kawanku yang ingin seminar proposal, "persiapkan pikiran dan mentalmu, jadikanlah aku pelajaran tentang kekurangsiapan dari berbagai segi" =)

1 komentar: