Sabtu, 22 Januari 2011

Peta Kemiringan Lereng Dalam Format Persen

Sebelum saya tau kalau ada cara yang seperti ini, saya hanya menggunakan tools yang sudah disediakan sama softwarenya, seperti ArcGIS 9.3 yang punya 3D analysis. setelah diberitahu sama teman yg juga diberitahu sama dosen saya, ternyata ada cara manualnya, dan terbukti ampuh juga untuk kemiringan lereng.
Caranya seperti ini.
1. buat dulu file *.shp dengan feature type "polyline"
























2. setelah itu buat garis bersilangan kek ini (spasi 100m pake koordinat UTM,, lebih kecil spasinya lebih baik, cma mesti di kali sama 100%)












3. setelah itu, conver polyline-nya "feature to polygon" seperti yg dalam lingkaran. nah, dah jadi kek yg ditunjuk sama panah merah, trus filenya jg muncul di kotak layer (yg lingkaran)












4. selanjutnya tambahkan file topografi/contour yg dari *.SRTM dengan spasi 1m, kemudian buka "Attributes table" dari file polygon dan yg dari topografi. jadinya seperti gambar dibawah. (tu lihat yg di lingkaran, bisa kek gitu karena koordinatnya dah match)












 5. lanjut ke langkah berikutnya. pilih "Selection" di toolbar, lalu klik "Select by location". jengjeng...!!
muncul pop-up yang kek gambar dibawah. hmm...
6. liat pop-up-nya yang diberi kotak merah, centang file polygon gridnya. selepas tu kita ke "Attributes table" dari file polygon grid. hmm tauh kan cara menambah tabel di "Attributes table"??!!
klo belum tau nih dikit [di "Attributes table" kan ada tombol "options", nah tekan deh, lalu pilih "Add field" nanti muncul pop-up-nya. nah isikan namanya trus ganti tipe datanya, seperti "Short integer" trus tulis jumlah banyak angka yg nantinya ke pake di tabel.] hmm gitu...!!!
7. nyambung langkah sebelumnya. nambah tabelnya sesuai dengan elevasi yg mungkin didapatkan di file topografi (liat ndiri di gambar). tuh saya buat cma 42 kolomdengan nama kolomnya sesuai dengan elevasinya krn daerah kajian saya cuman dapat yg tertinggi di situ.


8. nah balik ke "Attributes table" dari topografi. pilih elevasi yang mana saja, yg penting nanti terpilih semua.
contohnya, saya pilih elevasi 16m pake "Switch Selection" di "option".hmm tampilannya kek yg dalam lingkaran digambar atas.
9. lanjut, kemudian ke pop-up yg dicentangtadi, centang yg ditunjuk sama panah merah.  klik "Apply", nanti menjadi seperti yang di dalam lingkaran gambar dibawah. nah, yg di "Attributes table" dari file polygon grid jg ikut terpilih kan.












10. nah. habis itu pada kolom yang terpilih, klik kanan di bagian atas kolom yg namanya sama dengan elevasi yg dipilih di "Attributes table" dari topografi. nanti pilih yg diatasnya "calculate geometry", muncul pop-up lagi kan. isikan angka "1" (tanpa tanda kutip) kemudian Ok. hmmm. untuk elevasi selanjutnya, caranya sama dengan langkah 10 ini.
11. kalo sudah terisi semua, buat kolom baru lagi dengan "Add field" namanya "sum-contour" yg lainnya sudah tau kan. hmm. kalo sudah, "Select All" dari "Attributes table" file polygon grid, trus klik kanan diatasnya "sum-contour", nah jumlah deh ke semua kolom elevasi tadi.
nah. hasil penjumlahannya itu adalah persen dari kemiringan lerengnya. berhasil..!












11. langkah selanjutnya tinggal "Symbology" saja. nanti hasilnya kek gambar dibawah ini.












Selesai. semoga berhasil...!
okke.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar